Buku Kepemimpinan Transformasional: Terobosan Baru Menjadi Pemimpin Unggul

Posted: 14 Januari 2009 in Jualan Buku

mo sedikit sharing nih, ada buku bagus tentang transformational leadership. pengarangnya DR. Dwi Suryanto.

Buat yang membutuhkan buku ini, just call me : ERNA (022)21004900 / 08562265469

buku-kepemimpinan1

Oleh: DR. Dwi Suryanto

( www.pemimpin-unggul.com )

Ini adalah buku pertama saya. Topiknya adalah   tentang kepemimpinan. Mengapa saya memilih topik ini?  Karena memang disertasi saya membahas masalah itu.

Saya pernah ikut pelatihan kepemimpinan apa saja, mulai dari di kelas, outbond di Cikole, Dale Carnegie, ESQ, SUSPIM, SEPADA, dan banyak lagi. Namun ada satu yang aneh. Ketika saya memimpin, materi dan mutu kepemimpinan masih mirip seperti dulu. Walau saya sudah ikut berbagai pelatihan, rasanya, tidak banyak yang melekat di pikiran saya dan mempengaruhi perilaku kepemimpinan saya. Walau saya pernah menjadi kepala kantor pos besar, hingga pernah menjadi direktur pemasaran, namun saya tetap tidak yakin apakah saya sudah memimpin secara efektif.

Ketika saya tanyakan kepada rekan-rekan pejabat apakah mereka sudah memimpin efektif? Mereka juga tidak punya pegangan pasti bagaimana sesungguhnya memimpin yang efektif itu. Saya selalu haus untuk menemukan teori atau metoda memimpin yang sungguh-sungguh efektif…

Ketika sedang meneliti kepemimpinan untuk disertasi itulah, saya berkenalan dengan teori Transformational Leadership. Inilah teori yang paling efektif hingga saat ini. Jika kita cari keyword ”Transformational Leadership” di Google.com, ada 3.190.000 web yang memuat istilah itu. Jika kita cari di library online www.questia.com, ditemukan 2847 artikel. Ratusan penelitian membuktikan efektivitas teori ini. Bahkan 80% kajian terakhir di bidang kepemimpinan, pasti menyangkut teori ini. Inilah teori kepemimpinan yang lengkap, mudah, etis dan paling efektif hingga kini.

Saya merasa sudah menemukan “kunci wasiat” memimpin efektif. Namun ketika saya lihat konsep teorinya, banyak istilah yang agak abstrak misalnya pemimpin harus memiliki sense of purpose, atau the leader coaches and mentors dan berbagai istilah “ilmiah” lainnya.

Ketika saya pelajari teori itu (hanya ada 4 -5 buku, lainnya jurnal-jurnal), memang ”nuansa ilmiah” sangat kental, dan saya yakin orang awam tidak akan bisa ”menikmati” karya-karya itu. Saya berpikir bagaimana kalau saya ”bumikan” teori itu sehingga para peminat kepemimpinan, pemimpin, bahkan rakyat yang menilai pemimpinnya, bisa mendapatkan manfaat dari teori terobosan itu.

Melalui cuti besar selama 9 bulan, saya berusaha menulis buku tentang kepemimpinan transformasional itu. Buku itu, alhamdulillah, berhasil saya selesaikan.

Konsep buku ini juga sudah dibaca oleh beberapa tokoh, diantaranya adalah:

  • Dirut PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Ronny Wahyudi, yang berkomentar, “Buku ini memberikan sentuhan lain terhadap konsep-konsep kepemimpinan yang selama ini berkembang, dengan menawarkan konsep transformational leadership, yaitu kepemimpinan yang sangat concern pada kualitas manusia. Transformational leadership diperlukan untuk mempercepat perubahan; pemimpin transformational senantiasa berbuat secara kreatif, inovatif, peduli dan bertanggung jawab bagi kepentingan perusahaan, bukan untuk tujuan pribadinya sendiri.”
  • Dirut PT Pos Indonesia (Persero), Drs. Hana Suryana, MM juga berkomentar, “Saya sangat gembira atas terbitnya buku ini yang berkarakter, karena merupakan perpaduan antara pengalaman (leadership) penulis dengan teori-teori kepemimpinan. Oleh karena itu sangat bermanfaat khususnya bagi Anda yang kini mendapat amanah sebagai pemimpin.”
  • Asisten Direktur PT LEN Industri, Ir. Herdy Waluyo, M.Sc. berkomentar, “Di alam usaha dan bisnis yang penuh perubahan yang cepat dan persaingan yang ketat serta intervensi teknologi multimedia yang semakin dominan, kepemimpinan transformasional merupakan salah satu alternatif yang cerdas dan efektif untuk membangkitkan kembali BUMN dan usaha swasta dalam era yang sangat dinamis ini.

Bagi saya yang juga meniti karir di BUMN dalam kurun waktu sejak tamat sarjana hingga mendekati usia pensiun, kemampuan Pak Dwi menulis buku kepemimpinan transformasional selevel ini, jujur saya katakan sebagai hal yang luar biasa!

Bagaimana mungkin di lingkungan BUMN yang sama sekali kontradiktif, tidak kondusif, feodalis serta kepalsuan adalah hal yang wajar, ia dapat menulis buku kepemimpinan dengan kualitas ilmiah sedemikian baik dengan gaya penulisan yang ringan tetapi sistematikanya apik yang bertentangan dengan keadaan BUMN riil kita sehari-hari.

Salut dan terima kasih Pak Dwi dari saya pribadi dan keluarga atas karya dan keuletannya. Benar sekali, kemuliaan itu bukanlah dinilai dari berapa tinggi pangkat dan berapa banyak sanjungan orang kepada kita, tapi pada seberapa besar kepedulian dan kemanfaatan kita bagi umat manusia…”

Buku itu terdiri dari 8 bab, yaitu:
Pengantar
Bab 1: Idealized Influence
Bab 2: Individual Consideration
Bab 3: Inspirational Motivation
Bab 4: Intellectual Stimulation
Bab 5: Pemikiran Pemimpin Transformasional
Bab 6: Love (Suasana batin pemimpin transformasional)
Bab 7: Spirituality ( Suasana batin pemimpin transformasional)
Bab 8: Bunga Rampai Penelitian para Pakar Kepemimpinan

Miliki Segera Buku Transformational Leadership!

Bayangkan dampaknya pada kepemimpinan anda pada 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun mendatang jika anda menerapkan metoda kepemimpinan unggulan ini. Anda akan menjadi pemimpin yang unggul, pemimpin yang begitu dirindukan oleh bawahan anda…

Caranya? Baca dan terapkan resep-resep dari buku Transformational Leadership: Terobosan Baru Menjadi Pemimpin Unggul.

Buku itu setebal hampir 400 halaman yang berisi berbagai strategi praktis untuk menjadi pemimpin unggul. Dari testimoni pembaca buku itu, hampir semua memuji buku itu demikian baik, menginspirasi, dan mendalam. Jangan percaya begitu saja dengan komentar mereka. Anda sendiri bisa membuktikannya…

>>> Jika ada yang membutuhkan buku ini segera hubungi :

ERNA, (022) 21004900 / 08562265469

Komentar
  1. mee mengatakan:

    bukunya lengkap tentang gaya kepemimpinan transformasional….???saya butuh referensi tentang itu…makasih

  2. awan mengatakan:

    saya mau pesan buku kepemimpinan transformasional tapi pengen cepet gmana Y?

    • erna kawai mengatakan:

      Halo P’awan..maaf sy baru buka blog skr. Kalo ingin cepat pesan buku Trans_Lead ini. bisa hubungi No. telp di atas. (itu no.telp office ny)
      terimakasaih byk🙂

  3. tiara dian prastiwi mengatakan:

    saya mau ngadain seminar tntng buku itu gmn caranya kalo yang jd pembicara adalah penulisnya

    • erna kawai mengatakan:

      terima kasih sebelum nya sudah mampir di blog sy. maaf baru skr sy coment
      sy dengan erna. dan sy bekerja di training developer, yg biasa mengadakan pelatihan ttg kepemimpinan, motivation. dan yg menjadi fasilitator ada pa dwi suryanto (penulis buku transformational leadership)
      untuk lebih mengetahui ttg pelatihan trasformational leadership atau yg lainnya bisa hub.sy di 0856.59293589 / via sms. (erna novita) atau di (022) 92456885.

      terima kasih.
      salam,
      pemimpin-unggul

      (erna novita)

  4. mia mengatakan:

    Saya sedang menyusun thesis, pas betul temanya ttg kepemimpinan transformasional. namun untuk mencari kuesioner sangat sulit. Kuesioner yg dimaksud adalah MLQ. kalau mbak berkenan bisakah disertasinya saya jadikan benchmark untuk referensi thesis saya? trima kasih sebelumnya

  5. Fadli mengatakan:

    selamat pagi. Mba, ini officenya di Bandung? Saya tinggal di bandung, kalau ingin order kira2 berapa hari? atau saya bisa datang langsung ke officenya. terima kasih.

  6. rika mengatakan:

    saya butuh bgt buku itu…kira2 ada yg bs sy hubungi g y?kasih copiannya jg gpp….utk ngerjakan sekripsi

  7. miming mengatakan:

    saya bisa pesan buku itu ? harga berapa

Tinggalkan Balasan

